How to Win Scholarship?

Beasiswa merupakan pemberian bantuan keuangan pada seseorang dalam menempuh pendidikan. Pada dasarnya, beasiswa tidak hanya untuk keperluan melanjutkan pendidikan tetapi dapat juga untuk keperluan riset/penelitian atau kursus singkat (short course). Beasiswa bisa diberikan mulai dari tingkatan sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Selain itu, beasiswa juga bisa diberikan untuk melanjutkan studi di dalam negeri maupun studi di luar negeri.

Sumber pendanaan beasiswa bisa berasal dari berbagai macam kalangan,  misalnya dari pemerintah, perusahaan swasta, perorangan, sekolah, universitas dan lain-lain.  Khusus untuk tingkat pendidikan tinggi, pemerintah telah membentuk lembaga yang mengurus beasiswa, yakni Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). Lembaga ini berada di bawah Kementerian Keuangan yang bertugas menyalurkan dana beasiswa bagi warga Indonesia yang berprestasi. Mereka yang mendapatkan beasiswa dari LPDP ini bisa melanjutkan studinya baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Begitu juga dengan beasiswa yang bersumber dari institusi luar negeri. Pemerintah negara sahabat biasanya memberikan beasiswa untuk warga Indonesia yang berminat  melanjutkan studi di negaranya. Begitu juga dengan universitas-universitas luar negeri  yang juga menyediakan beasiswa untuk calon mahasiswa  internasional. Tentunya, para pencari beasiswa dari Indonesia dapat pula mengajukan aplikasi untuk mendapatkan beasiswa tersebut.

Perlu diperhatikan pula dengan persyaratan ketika kita mengajukan proposal beasiswa. Ada beasiswa yang diberikan secara cuma-cuma, ada juga beasiswa yang mensyaratkan ketentuan khusus misalnya ikatan dinas bagi pemenang beasiswa.

Masa Persiapan
Luruskan niat dan mantapkan impian besar Anda sehingga Anda mempunyai energi, motivasi, dan spirit dalam mendapatkan beasiswa. Tentunya, perhatikan juga nilai akademis dengan studi yang bersungguh-sungguh. Usahakan Anda untuk aktif di berbagai kegiatan sosial karena pemberi beasiswa akan lebih senang kepada kandidat yang telah berkontribusi secara sosial di masyarakat. Penguasaan bahasa asing perlu ditingkatkan sehingga mencapai skor yang dipersyaratkan. Tidak lupa untuk terus menerus menggali informasi mengenai beasiswa supaya Anda tidak ketinggalan informasi.

Masa Pendaftaran Beasiswa
Lengkapi dan sempurnakan persyaratan yang diperluakan, seperti  Curriculum Vitae (CV) terbaru, surat rekomendasi, motivation letter, proposal riset, formulir aplikasi dan lainnya. Saat ini, rata-rata pengajuan aplikasi beasiswa dilakukan secara online. Untuk itu, bacalah petunjuk pendaftaran dengan teliti.  Berdoalah  dan perbanyak  ibadah serta meminta doa restu dari orangtua agar cita-cita Anda terkabul.

Masa Pengumuman Beasiswa
Masa ini merupakan masa yang paling penting, apakah aplikasi beasiswa Anda diterima atau tidak. Jika diterima maka Anda dapat mengungkapkan rasa syukur karena perjuangan Anda telah dilalui dan baru memulai langah perjungan selanjutnya. Jika aplikasi Anda tidak diterima, jangan berkecil hati. Perbaiki hal-hal yang perlu diperbaiki dan berusaha kembali di kesempatan yang lain.

Persaingan untuk mendapatkan beasiswa tentu tidaklah mudah. Namun demikian, bukan berarti kita tidak berpeluang untuk mendapatkannya. Dengan bekal dan persiapan yang matang serta mengetahui tips and tricks maka kita dapat memenangkan beasiswa. Kami siap membantu Anda untuk mewujudkan cita-cita mendapatkan beasiswa. Anda dapat membuka tautan ini https://bit.ly/2v6Tb5M  untuk menentukan jadwal konsultasinya.
Facebook Twitter