Beasiswa Kaltim 2013, Tersedia Beasiswa D3 hingga S3

Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) kembali menggulirkan beasiswa Kaltim Cemerlang 2013. Beasiswa disediakan di berbagai level di jenjang perguruan tinggi, mulai dari diploma (D1 – D3), S1, S2, hingga S3.  

Nah, Bagi Anda warga Kaltim yang sedang mengenyam pendidikan di daerah maupun luar daerah, kesempatan ini sayang dilewatkan. Mumpung masih ada waktu, silakan ajukan aplikasi segera. Batas deadline pendaftaran beragam untuk masing-masing jenjang. Ada yang 9 Maret, 16 Maret, 28 Maret, dan 7 September bagi mahasiswa baru. Beasiswa program ilmu kedokteran deadline pendaftaran 23 Februari 2013. Rincian deadline, tempat pengumpulan berkas, dan jumlah bantuan beasiswa yang ditawarkan bisa dilihat di sini.

Persyarataan Umum:
1. Fotocopy Kartu Tanda Penduduk yang masih berlaku.
2. Fotocopy Kartu Mahasiswa yang masih berlaku.
3. Fotocopy Kartu Keluarga yang masih berlaku dan dilegalisir oleh pihak pejabat RT/Kelurahan
4. Pas foto berwarna ukuran 3 x 4 sebanyak 2 lembar
5. Surat Keterangan Aktif Kuliah. Sedangkan bagi Mahasiswa Baru, melampirkan Surat Keterangan Diterima Sebagai Mahasiswa.
6. Transkrip Nilai atau Fotocopy Transkrip Nilai yang dilegalisir oleh pihak Fakultas bagi mahasiswa lama (melampirkan fotocopy KHS semester satu sampai terakhir). Sedangkan bagi mahasiswa semester satu dan dua melampirkan fotocopy KHS yang dilegalisir pihak Fakultas.
7. Fotocopy Buku Rekening Bank yang aktif dan dilegalisir pihak bank sebanyak 2 lembar dan harus aktif sampai proses pencairan.
8. Surat pernyataan bahwa rekening yang dicantumkan benar adanya sesuai nama di KTP
9. Surat pernyataan Bukan CPNS/PNS/Karyawan BUMN/BUMD/perusahaan swasta Bermaterai Rp.6000,- atau Surat Keterangan atau Surat Keputusan sebagai Tenaga Fungsional bagi PNS Fungsional.
10. Surat keterangan tidak sedang menerima beasiswa dari sumber lain baik pemerintah (pusat dan daerah), pemerintah negara lain maupun swasta dalam dan luar negeri ditandai dengan surat pernyataan yang dilegalisir oleh pihak Perguruan Tinggi.
11. Surat pernyataan bermaterai Rp.6000,- bahwa bersedia mengabdi di Kalimantan Timur.
12. Bagi Mahasiswa Baru jenjang S1 melampirkan SKHU. Bagi Mahasiswa Baru jenjang  S2 dan S3 melampirkan fotocopy Ijazah dan Transkrip Akademik jenjang sebelumnya
13. Melampirkan Surat Keterangan Tidak Mampu atau Miskin dari instansi/pejabat berwenang bagi mahasiswa kurang mampu/miskin.
14. Melampirkan persyaratan khusus bagi mahasiswa yang memilih kategori :
      a. Rewards Siswa dan Mahasiswa Berprestasi Tingkat Provinsi, Nasional, & Internasional melampirkan Fotocopy Sertifikat Prestasi yang dilegalisir.
     b. Beasiswa Anak Cucu Veteran melampirkan Surat Keterangan tentang kebenaran sebagai putra/putri anak dan cucu Veteran RI dari LVRI Kaltim/LVRI Kab/Kota.
     c. Bantuan Penelitian dan Tugas Akhir Mahasiswa melampirkan fotocopy proposal yang telah disetujui pembimbing
     d. Beasiswa Khusus Internasional dan Stimulan Khusus Internasional melampirkan Password dan Visa yang masih berlaku.
      e. Beasiswa Pendidikan Malaysia, ITK, ISBI, Politeknik Agroindustri, dan Double Degree melampirkan Progress Report.
    f. Program 100 Doktor Universitas Mulawarman melampirkan Surat Rekomendasi dari Rektor Universitas Mulawarman.

Pengajuan aplikasi:
Pelamar diharuskan mendaftar terlebih dahulu secara online di sini, lalu cetak bukti pendaftaran dan lembar penerimaan berkas untuk dilampirkan bersama dokumen yang dipersyaratkan. Formulir pendaftaran dan perlengkapan lain bisa diunduh di sini. Pelamar diploma menggunakan map merah, S1 map kuning, S2 map hijau, dan S3 map biru. 

Informasi tambahan, pelamar bisa menghubungi panitia di 085386384244 (Novi) atau  081256364460 (Amelia).
>> Skor TOEFL/IELTS menjadi syarat wajib meraih gelar S2 atau S3 di dalam dan luar negeri. Skor TOEFL rendah bisa menghambat studi Anda. Ketahui cara meningkatkannya. Ulasan lengkap di sini