Beasiswa Unggulan Kemendikbud 2020 – 2021 (S1, S2, S3)

Jika Beasiswa KIP Kuliah menyasar calon mahasiswa yang mengalami kendala ekonomi, terutama keluarga kurang mampu. Hal berbeda dengan Beasiswa Unggulan Kemendikbud. Beasiswa dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) ini menyasar pelamar berprestasi dari semua kalangan. Jenis beasiswa yang disediakan juga beragam. Mulai dari beasiswa S1, beasiswa S2, beasiswa S3, beasiswa mahasiswa asing, dan beasiswa pegawai Kemdikbud. 

Bila Anda saat ini telah menyelesaikan pendidikan SLTA (SMA/SMK/MA/Ponpes) dan berniat melanjutkan pendidikan ke jenjang sarjana, Beasiswa Unggulan bisa menjadi pilihannya. Peluangnya juga terbuka bagi pelamar yang telah menyelesaikan pendidikan S1 atau S2 dan ingin kembali melanjutkan studi ke jenjang lebih tinggi, seperti S2 atau S3. 

Berikut ini beasiswapascasarjana.com mencoba mengulas Beasiswa Unggulan Kemendikbud untuk tahun akademik 2020 – 2021.

Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi 
Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi adalah salah satu jenis Beasiswa Unggulan favorit yang ditawarkan Kemdikbud. Sasarannya adalah siswa/mahasiswa berprestasi, guru berprestasi, peraih medali olimpiade internasional, juara tingkat nasional atau internasional bidang sains, teknologi, seni budaya, dan olahraga, pegawai/karyawan berprestasi yang mendapatkan persetujuan dan diusulkan oleh atasan, seniman, serta pegiat sosial.

Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi ditujukan bagi mereka yang berminat mengambil gelar S1, S2, dan S3 di dalam negeri. Peserta dapat memanfaatkan Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi untuk melanjutkan studi gelar sarjana (S1), magister (S2), dan doktor (S3) di dalam negeri. Yang menarik dari beasiswa ini, pelamar bisa berasal dari mahasiswa baru atau mahasiswa yang sedang menjalani perkuliahan (on going).

Info Pendaftaran » Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi

Beasiswa Unggulan 3T (Belum buka)
Bagi Anda yang menetap di daerah tertinggal, program Beasiswa Unggulan satu ini patut Anda coba. Beasiswa Unggulan 3T. Seperti halnya Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi, Beasiswa Unggulan 3T juga menyasar bagi pelamar jenjang S1, S2, maupun S3. Baik mereka yang baru akan kuliah maupun yang tengah kuliah dan saat ini maksimum semester 2.

Beasiswa Unggulan 3T khusus bagi pelamar yang berasal dari daerah tertinggal, terdepan, maupun terluar (3T). Jadi hanya menyasar pendaftar dari daerah yang masuk kategori 3T. Jika Anda adalah warga yang berasal dari daerah 3T, beasiswa ini sayang untuk dilewatkan.

Info Pendaftaran » Beasiswa Unggulan 3T

Beasiswa Unggulan Pegawai Kemdikbud
Berbeda dari Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi yang dibuka umum, Beasiswa Unggulan Pegawai Kemdikbud hanya ditujukan bagi pegawai di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan saja. Beasiswa ini juga menawarkan beasiswa kuliah jenjang S2 dan S3 di sejumlah perguruan tinggi tanah air. Pelamar yang memenuhi syarat bisa melakukan pendaftaran secara online di laman Beasiswa Unggulan Kemdikbud.

Info Pendaftaran » Beasiswa Unggulan Pegawai Kemdikbud 

Beasiswa Unggulan Mahasiswa Asing (Belum buka)
Seperti penyebutannya, Beasiswa Unggulan Mahasiswa Asing sebetulnya adalah Beasiswa Unggulan yang ditujukan bagi mahasiswa asing yang ingin melanjutkan/sedang studi di Indonesia. Dengan Beasiswa Unggulan Mahasiswa Asing mereka bisa memperoleh manfaat, seperti mendapatkan tanggungan biaya kuliah di universitas atau perguruan tinggi tanah air.  

Saat ini Beasiswa Unggulan Mahasiswa Asing dibuka untuk mahasiswa internasional yang mengambil bidang Bahasa Indonesia, Seni, dan Budaya. Mahasiswa bersangkutan juga harus mampu berkomunikasi dalam bahasa Indonesia. Nantinya semua peserta yang diterima melakukan kegiatan riset di Indonesia. Selain itu, semua mata kuliah dan tugas perkuliahan tertulis, skripsi, thesis/disertasi disajikan hanya dalam Bahasa Indonesia. Dengan begitu, dunia pendidikan Indonesia lebih dikenal di mancanegara dan bisa menjaring siswa-siswa internasional terbaik untuk belajar di Indonesia.   

Info Pendaftaran » Beasiswa Unggulan Mahasiswa Asing

Info Beasiswa S2 Dalam dan Luar Negeri
Lihat Peluang yang Sesuai Buat Kamu..!

Facebook Twitter