Penerimaan Beasiswa S2/S3 Luar Negeri Dikti 2013

Para dosen kini semakin mudah untuk melanjutkan pendidikan ke luar negeri. Tawaran beasiswa S2/S3 luar negeri kembali disediakan. Gelombang I alokasi 2013 baru saja dibuka oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) melalui Direktorat Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Beasiswa ini ditujukan bagi dosen tetap PTN, dosen DPk dan dosen tetap yayasan (PTS) di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan diutamakan untuk program S3 (PhD).

Bagi yang berminat melamar beasiswa Dikti tersebut, silakan mendaftar secara online melalui website: http://beasiswa.dikti.go.id, paling lambat tanggal 31 Oktober 2012. Melalui pendaftaran tersebut, setiap pendaftar akan memperoleh nomor registrasi online. Namun, apabila ada pendaftar yang berkas lamarannya disampaikan lengkap sampai dengan tanggal 31 Juli 2012, ada kemungkinan peserta diberangkatkan 2012.

Selanjutnya, untuk mengklarifikasi informasi yang telah disampaikan secara online, pelamar diminta mengirimkan berkas-berkas lamaran berupa:

1. Nomor registrasi online;
2. Bukti memiliki NIP/NIK dan NIDN;
3. Surat izin rektor/pimpinan perguruan tinggi;
4. Surat izin Kopertis (khusus bagi pelamar dari PTS);
5. Form-A Dikti;
6. Letter of Acceptance (LoA) dari perguruan tinggi luar negeri yang terakreditasi;
7. Salinan ijazah S1 bagi pelamar jenjang S2 dan ijazah S2 bagi pelamar jenjang S3;
8. Bukti kemampuan berbahasa Inggris (TOEFL/IELTS), Jerman, Perancis, Jepang atau bahasa lain berstandar internasional, sesuai dengan negara tempat perguruan tinggi yang dituju (tidak lebih dari 2 tahun terakhir);
9. Surat rekomendasi (3 buah); dan
10. Proposal penelitian dalam bahasa Inggris khusus untuk S3.

Seluruh berkas tersebut di atas dimasukkan dalam MAP HIJAU dengan menuliskan nama, alamat, serta nomor registrasi online pengirim, dan paling lambat diterima penyelenggaran 14 Nopember 2012 pukul 15.00 WIB. Berkas lamaran dikirimkan ke:

Direktorat Pendidik dan Tenaga Kependidikan
Ditjen Pendidikan Tinggi
Kompleks Kemdiknas Gedung D Lantai 5
Jln. Jenderal Sudirman, Pintu 1 Senayan, Jakarta 10270


Segala pertanyaan ataupun permasalahan berkaitan dengan pendaftaran secara online dapat disampaikan melalui email: blndikti@dikti.go.id atau kunjungi situsnya di http://dikti.go.id/.

FOLLOW US: Terima kasih sudah berkunjung di beasiswapascasarjana.com. Silakan dilanjutkan berburu beasiswanya. Jika bermanfaat, bisa klik tombol bagikan. Atau gabung bersama pembaca lainnya di Facebook, Twitter, Google +, dan di Email. Salam..