50 Kuota! Beasiswa 2013/2014 Pemerintah New Zealand

Jika Pemerintah Australia menawarkan beasiswa Australia Awards, lain lagi Pemerintah New Zealand. Di 2013/2014, New Zealand secara khusus mengalokasikan 50 kuota beasiswa bagi mahasiswa asal Indonesia. Program yang dikemas ke dalam New Zealand-ASEAN Scholars Awards ini memberi total 170 beasiswa bagi mahasiswa ASEAN.

Beasiswa NZ-AS 2013 fokus pada pembangunan ekonomi berkelanjutan, terutama di bidang pertanian, energi terbarukan, dan manajemen risiko bencana. Kandidat hendaknya dapat menunjukkan bahwa studi mereka bisa memberi kontribusi bagi pembangunan di Indonesia. 

Beasiswa 2013 New Zealand ini memberi prioritas bagi pelamar yang memiliki jiwa kepemimpinan dan prestasi akademik, baik dari sektor publik maupun swasta, termasuk masyarakat sipil, dosen universitas, organisasi yang berkecimpung di bidang pembangunan, dan yayasan amal.

Anda yang berasal dari kawasan Indonesia Timur, seperti Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat juga diberi kesempatan lebih besar untuk memperoleh beasiswa Pemerintah New Zealand ini.

Ada sejumlah fasilitas yang disediakan beasiswa 2013 NZ-AS. Bagi pelamar yang berhasil terpilih, selain memperoleh tanggungan penuh biaya kuliah, juga tersedia tiket pesawat, tunjangan kedatangan, tunjangan hidup harian, asuransi kesehatan dan asuransi perjalanan.

Pilihan universitas:
1. Auckland University of Technology (AUT)
2. Lincoln University
3. Massey University
4. University of Auckland
5. University of Canterbury
6. University of Otago
7. Victoria University of Wellington
8. University of Waikato
9. Unitec Institute of Technology

Kriteria dan persyaratan:

1. Berstatus warganegara Indonesia dan telah menetap di Indonesia setidaknya dua tahun saat pengajuan aplikasi.
2. Bukan warganegara/penduduk tetap New Zealand, Australia, atau negara berkembang lainnya. Dan, tidak menikah atau bertunangan dengan seseorang yang berstatus warganegara/penduduk tetap New Zealand, Australia, atau negara berkembang lainnya.
3. Belum pernah mendapatkan beasiswa Pemerintah New Zealand atau beasiswa Pemerintah Australia dalam 24 bulan terakhir saat pengajuan aplikasi.
4. Berusia di bawah 40 tahun untuk pengajuan aplikasi master dan di bawah 45 tahun untuk doktor/studi PhD.
5. Tidak sedang mencari dukungan untuk program gelar yang sudah dimulai.
6. Tidak memegang kualifikasi level yang sama, baik dalam tingkatan studi maupun bidang. (Pemegang gelar sarjana harus mengajukan permohonan untuk master, dan lulusan master harus mengajukan permohonan studi PhD).
7. Mampu berbahasa Inggris: memiliki IELTS minimum 5,5, dengan band tidak kurang dari 5,0 atau skor TOEFL lebih dari 513 (hasil tidak lebih dari 24 bulan terakhir). 
8. Mengajukan beasiswa di tahun kalender beasiswa ditawarkan.
9. Memiliki gelar sarjana dengan kemampuan akademis yang kuat dan relevan dengan kualifikasi pascasarjana yang diusulkan. (Prioritas diberikan bagi kandidat yang memiliki gelar dari lembaga Indonesia daripada negara maju).
10. Memiliki pengalaman kerja minimal dua tahun.
11. Menunjukkan komitmen yang kuat untuk sektor publik di Indonesia dan/atau swasta dan/atau sektor masyarakat (yang relevan), dan pembangunan Indonesia pada umumnya.
12. Memenuhi persyaratan masuk di institusi New Zealand, di mana program gelar akan diambil (termasuk kriteria bahasa Inggris).
13. Memenuhi persyaratan imigrasi Pemerintah New Zealand untuk masuk sebagai mahasiswa internasional di New Zealand (seperti cek kesehatan dan karakter).
14. Kandidat wanita dianjurkan mendaftar.

Aplikasi dan Proses Seleksi:
1. Pelamar harus mengidentifikasi universitas yang diinginkan, dan menilai kemungkinan mereka memenuhi persyaratan masuk di universitas tersebut sebelum mengirimkan aplikasi beasiswa.
2. Pemohon diwajibkan untuk menyerahkan dua aplikasi lengkap dalam bahasa Inggris (satu asli dan satu copy) ke PT Nusantara Austraining (PTAN). Kandidat PhD juga harus menyertakan bukti korespondensi dengan supervisor potensial. Jika surat penawaran telah diterima dari universitas, hal ini juga harus dikirimkan bersama aplikasi beasiswa.
3. Aplikasi akan dinilai dan daftar shortlist akan disusun untuk dipertimbangkan oleh panitia seleksi di Indonesia. Kandidat kemungkinan dihubungi untuk mengikuti wawancara.
4. Keputusan final akan dibuat berdasarkan seleksi kandidat.
5. Kandidat yang berhasil memperoleh beasiswa NZ-AS akan diberitahu melalui surat resmi.

Batas akhir pengajuan aplikasi 25 April 2013. Unduh formulir aplikasinya di sini. Pelamar dapat mengajukannya ke PTAN yang menjadi perwakilan beasiswa NZ-AS di Indonesia.

PT. Austraining Nusantara (PTAN)
PO BOX 1808 JKP 10018
Tel: 021- 5292 0810
Fax: 021-5292 0818
Email: nzas.info@cbn.net.id


Informasi tambahan, silakan menghubungi nomor telepon atau email di atas. Anda juga bisa mengunjungi laman situs kedutaan New Zealand di sini.
FOLLOW US: Terima kasih sudah berkunjung di beasiswapascasarjana.com. Silakan dilanjutkan berburu beasiswanya. Jika bermanfaat, bisa klik tombol bagikan. Atau gabung bersama pembaca lainnya di Facebook, Twitter, Google +, dan di Email. Salam..